Sabtu, 04 April 2015

10 Tips Social Media Marketing Yang Efektif


Banyak sekali aturan-aturan tidak tertulis yang bisa kita dapatkan tentang bagaimana cara melakukan atau bermain di ranah social media sekarang ini.
Social media telah menjadi sebuah kebutuhan di jaman sekarang. Hampir semua orang memiliki akun Social Media, we're all connected through social media.

Berikut 10 tips yang penulis dapat berikan supaya dapat melakukan Social Media Marketing dengan baik. Dirangkum dari pengamatan pribadi dan berbagai sumber.

1. Komitmen
Social Media membutuhkan waktu, tenaga, dan kreatifitas. Gak ada jalan singkat untuk menjadi terkenal. Diatas itu semua, social media marketing membutuhkan komitmen untuk bisa berhasil.

2. Kontribusi
Kalau kita tidak bisa berkontribusi memberikan sesuatu yang berguna untuk komunitas, tidak akan ada orang yang mau mendengarkan kita. Posisikan diri kita sebagai orang yang mengerti topik yang kita bicarakan, apabila itu membutuhkan kita untuk belajar lagi, then do so.

3. Kualitas
Menjadi "bawel" di social media belum tentu produktif. Jumlah tweets yang bejibun namun gak ada artinya juga akan menjadikan akun kita akun berisik. Be productive, not noisy. Kualitas jauh lebih penting daripada hanya sekedar kuantitas.
Promosi tentang produk atau service yang kita punya? Boleh.
Tapi, kalau kita mempunyai kebutuhan terus-menerus untuk mendapatkan perhatian orang banyak, berarti ada yang salah dengan pencapaian strategi marketing kita. Sisipkan cerita tentang pengalaman, berbagi ilmu, maupun diselipkan humor. Selalu

4. Interaktif
Komunikasi adalah jalan raya 2 jalur. Kita gak bisa memonopoli percakapan atau bahkan tidak pernah memberi respons terhadap pendapat followers ataupun fans kita. Ada contoh akun socmed beberapa brand besar yang justru sukses karena adanya percakapan dengan para followers walaupun hanya hal konyol :).

5. Adaptasi
Selalu mengikuti perkembangan terkini yang sesuai dengan bidang yang kita tekuni. In this case, kalian bisa download Gnews di Google Playstore maupun Apple Appstore . Sebuah aplikasi yang diciptakan oleh kami GDILab, analytic company. Apa yang menjadi topik hangat di hari ini belum tentu menjadi topik hangat di besok hari. Oleh sebab itu keep it update.

6. Sikap
Kadang-kadang tanggapan yang kita terima itu beragam. Ada yang hanya sekedar sinis, atau mungkin juga ada yang kasar. Tidak sedikit pula kok pasti yang memuji. Kita harus bisa menjaga sikap kita dalam menghadapi semua hal ini. Kesabaran mutlak dibutuhkan. Jangan cepat menyerah :)

7. Multimedia
Pernah dengar ungkapan "a picture tells a thousand words, a video probably worth much more".  Nah, gunakan semua resource yang kita punya untuk posting di akun social media. Di 2015 ini banyak pengamat mengatakan bahwa ini adalah tahunnya micro video yaitu video pendek dengan durasi antara 6 detik (sesuai dengan Vine), 15 detik (instagram), ataupun 30 detik (path, facebook,dll).

8. Agresif
Know your audiences. Baiknya tidak follow semua orang atau mengikuti semua channel dengan harapan akan bisa berpromosi melalui itu semua. Gak ada yang suka akun-akun agresif, hanya sebuah bukti ketidakpercaya diri-an yang besar.

9. Keyword
Internet is all about keywords. Apabila kita mau mengasosiasikan brand kita dengan suatu image tertentu, mulailah dengan menyisipkan keyword dimaksud. Misalnya: inspiratif (atau inspirasi, inspiring). Keyword ini juga yang menentukan posisi kita di Gnews App. Contoh: artikel ini akan muncul di channel Leadership , Startup , dan Big Data Analytic .

10. Monitoring
Untuk semua hal dan campaign serta kontribusi yang sudah kita lakukan di social media, tentunya butuh tools untuk memonitor atau mengukur kinerja performa socmed kita. Penulis menyarankan untuk menggunakan Polaris untuk social media analytic tools. Polaris adalah tools berbasiskan teknologi Genesis yang kami bangun. Dari sini kita bisa mengetahui siapa yang membicarakan tentang topik/brand kita, kapan mereka membicarakan, dan bagaimana "bunyinya".

Nah, semoga artikel ini bisa membantu teman-teman sekalian yang hendak meningkatkan performa social media marketing.
Selamat hari sabtu :)

*Sekilas tentang GDILab
PT. Generasi Digital Internasional (GDILab) merupakan sebuah perusahaan IT startup yang didirikan pada bulan Desember 2013 oleh empat orang co-founder: Billy Boen (Chairman), Yopie Suryadi (CEO), Jefri Dinomo (VP Product & Development), dan Masas Dani (VP Engineering). Perusahaan ini memfokuskan dirinya pada digital analytics dengan misi menciptakan produk-produk digital yang dapat menolong banyak pihak (perusahaan maupun perorangan) dalam memahami diri sendiri dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki.
Saat ini, GDILab telah menciptakan beberapa produk selain gnews (twitter search news reader), yaitu: Polaris (twitter-facebook-online media analytics), Iris (instagram analysis), dan CV Creator (CV generator platform) yang merupakan hasil kolaborasi dengan PT. YOT Nusantara (Young On Top).
Di bulan Mei nanti, GDILab mendapatkan kehormatan sebagai salah satu startup asal Indonesia yang menghadiri Collision Conference di Las Vegas dan bergabung di Collide yang merupakan ajang berkumpulnya para investor di dunia teknologi.
Sampai Februari 2015, GDILab telah mendapatkan angel investment sebanyak 2 kali.

Tidak ada komentar: