Jumat, 18 Juli 2014

Pemimpin atau Pimpinan?

Belakangan saya sering banget denger kata "leader/ship" di sekitar saya.
Entah di lingkup pekerjaan ataupun lingkup gereja tempat saya beribadah.
Sampai akhirnya saya berusaha mencoba cari tahu tentang leadership ini.
Apa sih sebenernya?
Kaya gimana sih sebuah leadership yang baik dan benar?

Jawaban yang saya temui baik di literatur ataupun yang berupa input dari orang-orang yang saya anggap mentor itu banyak dan bagus semua.
Beneran deh..
Apapun itu tentang leadership hampir semuanya bagus.

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat definisi sendiri tentang leadership ini...

Kita harus bisa membedakan dulu mau jadi apa, pemimpin atau pimpinan?
Kalau mau jadi pimpinan mah gampang, usaha aja terus sampe punya anak buah atau pengikut yang banyak.
Bicara soal pemimpin..
Pemimpin atau leader itu bukanlah orang yang mempunyai anak buah atau pegawai atau pengikut yang banyak.
Seorang leader juga bukan orang yang mempunyai kekuasaan tinggi atau besar.
Tapi seorang pemimpin itu adalah orang yang harus lebih sering instropeksi diri dibandingkan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.
Dia harus mempunyai sikap mau belajar dan mau menerima masukan dari siapapun.

Lebih penting lagi..
Kalau kalian udah jadi pemimpin, buktikan juga di rumah.
Seorang pemimpin belum sah apabila dia belum menunjukkan kepemimpinannya di rumah.
Terhadap istri, anak, orang tua, dan anggota keluarga lainnya.
Pemimpin bukan orang yang galak, dia akan tegas apabila keadaan meminta dia untuk tegas.
Pemimpin itu orang yang mampu mengendalikan diri.
Pemimpin itu orang yang dimana mulutnya berkata, tangannya akan mengikuti.
Pemimpin itu orang yang punya integritas.

I'm still learning how to be a good leader..

Sebuah proses yang tidak akan pernah berakhir, karena kita harus selalu belajar.
Dan sudah seharusnya kita menikmati proses itu..

Akhir kata,
Setelah berpuluh tahun akhirnya saya mengerti juga peribahasa yang mengatakan:
"Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama"
Kita bukan gajah, juga bukan harimau..
Nanti kalo kita mati pasti akan meninggalkan nama kok..
Masalahnya, mau nama baik apa nama buruk?
You choose..

Tidak ada komentar: